Selasa, 13 November 2007

Resensi Buku Evaluasi Program Pendidikan

RESENSI BUKU

Judul buku : Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi)

Pengarang : Prof. Dr. Suharsimi arikunto

Jumlah Halaman : 308 + Vii Halaman

Tahun Terbit : Cetakan kelima, Januari 2005

Penerbit : Bumi aksara

Pada buku yang berjudul dasar-dasar evaluasi pendidikan karangan Prof. Dr. Suharsimi Arikunto ini terdiri dari 308 halaman dan memiliki 19 Bab. Diantaranya:

Bab 1 : Pendahuluan, yang mana pada bab 1 ini memuat materi mengenai pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi.

Bab 2 : Subjek dan Sasaran Evaluasi

Bab 3 : Prinsip dan alat Evaluasi

Bab 4 : Masalah Tes

Bab 5 : Validitas

Bab 6 : Reliabilitas

Bab 7 : Taksonomi

Bab 8 : Tujuan Instruksional

Bab 9 : Tes Standar dan Tes Buatan Guru

Bab 10 : Penyusunan Tes

Bab 11 : Tes Tertulis Untuk Prestasi Belajar

Bab 12 : Tabel Spesifikasi

Bab 13 : Menganalisis Hasil Tes

Bab 14 : Menskor dan Menilai

Bab 15 : Mengolah Nilai

Bab 16 : Kedudukan Siswa Dalam Kelompok

Bab 17 : Mencari Nilai Akhir

Bab 18 : Membuat Laporan

Bab 19 : Evaluasi Program Pengajaran

Tolak ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedang menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk (kualitatif) adapun penyusunan evaluasi meliputi keduanya.

Buku ini hadir untuk membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar mengajar dan mengetahui baik akhir yang dicapai dari kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, target atau tujuan pembelajaran akan diperoleh.

Penulisan buku ini bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon guru maupun para guru yang telah bertugas, agar ada pegangan dalam bekerja. Tujuan penulisan adalah untuk mengarahkan konsentrasi pembaca pada beberapa pokok yang paling penting pada bab itu, sekaligus menghubungkannya dengan praktek.

Buku ini ditulis dengan maksud memberikan tambahan informasi kepada siapa saja mengenai cara-cara mengadakan evaluasi program pendidikan. Contoh-contoh sengaja diambil dari pengalaman yang nyata dan terjadi dengan maksud sekaligus memberikan informasi bahwa hal-hal seperti itu pernah dilakukan di Indonesia. Bagi para pendidik yang tidak mau ketinggalan memperoleh informasi, dimungkinkan akan gembira menyambut informasi ini.

Kelebihan dari buku ini yaitu dilengkapi dengan contoh cara-cara pembuatan butir-butir soal disertai dengan cara menskor dan menilai. Dan juga dilengkapi dengan tabel spesifikasi. Dalam buku ini juga dibahas mengenai bagaimana cara mengolah nilai sehingga buku ini sangat baik dibaca terutama oleh guru dan calon guru, sehingga dapat mempermudah guru dalam mengolah nilai.

Dan yang lebih penting lagi dalam buku ini adalah pada pembahasan terakhir yang membahas tentang Evaluasi Program Pengajaran. Dimana dalam pembahasan ini merupkan acuan bagi guru dalam mengevaluasi seluruh program pengajaran.

Selain itu kelebihan lain dari buku ini adalah teknis penulisan buku yang cukup baik, dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti bagi siapa pun yang akan membacanya, serta cover dari buku ini pun sangat menarik untuk dilihat.

Tidak ada komentar: